Pantai Petualang Watulumbung Gunungkidul

Kalau kebanyakan akses ke pantai itu jalannya landai dan aspal halus, terutama di daerah Pantai Gunungkidul ini, beda cerita kalo akses menuju pantai Watulumbung. Itu kenapa saya bilang Pantai petualang. Jalan makadam, becek sehabis hujan, naik turun dan berliku. Ini yang sempat terbesit di pikiran saya bahwa mendapatkan hal yang indah emang harus melalui jalan terjal. Dan ini dia hadiah jalan terjal, becek gak ada ojek :)

Akses dan Lokasi

Kalau pernah ke Pantai Wediombo, terus lihat batu besar di depan agak kanan arah jam 2, itu dia yang namanya Watulumbung. Berlokasi di kawasan Gunung Batur, Dusun Widoro, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Merupakan salah satu pantai yang terbentuk akibat letusan gunung api purba dengan bongkahan batu raksasa yang tampak seperti pulau yang terpisah dengan daratan. Rute menuju kesini mudah, ikuti jalur ke arah Wediombo, nanti ada plakat ke kanan arah Gunung Batur dan Pantai Watulumbung. Jangan bingung, aksesnya emang ciamik (makadam, cor, dan tanah becek). Kira-kira 20-30 menitan akan sampai di area Watulumbung. Ada 2 pilihan parkir, langsung di bawah atau di atas yang dapat melihat view pantai dari ketinggian.

View Pantai Wediombo dari Pantai Watulumbung Gunungkidul

Sepanjang mata memandang bukit di Tugu Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Pantai ini cocok sekali buat penyuka antimainstream, dimana aksesnya keren untuk petualangan. Sebelem dibenahi akses jalannya, cobain sensasinya sesegera mungkin. Karena di area atas sudah mulai dibangun, sehingga jalannya pun kemungkinan akan dibenahi juga. Tapi overall dari atas sini viewnya tetep bagus kok, walaupun nanti jalannya sudah jadi, pantai ini pasti tetap menarik.

Untuk menikmati pantainya kita harus turun ke bawah, gak jauh kok dan aksesnya mudah, banyak juga gazebo penjual makanan dan minuman, jadi gak perlu khawatir kelaparan dan keharusan. Tapi saran sih bawa air mineral sendiri untuk jaga-jaga. Karena waktu yang semakin sore, team kami memutuskan segera pulang tanpa turun ke pantai, hanya mampir di gazebo saja. See you next trip. :)

Cagar Alam Geologi Gunung Batur

Sekilasi Cagar Alam Geologi Gunung Batur yang terletak sejalur dengan Pantai Watulumbung ini merupakan sebuah bukit yang merupakan dataran tinggi dimana view laut dapat terihat dengan bagus. Di area ini juga terdapat Bukit Pengilon yang namanya juga cukup booming. Karena situasi dan kondisi tak memungkinkan untuk melakukan kegiatan eksplore saat itu, mungkin next time bisa kami lakukan. Alhasil mengabadikan moment bersama papan namanya saja.

Team Touring hari ini. Zaky, Totok, Mas2 Vixion (Saya penggembira doang)

0 Comments